Pembibitan Kader melalui Ekstrakurikuler Tapak Suci di SD Muhammadiyah Kramatsari


Perguruan Seni Beladiri Indonesia Tapak Suci Putera Muhammadiyah atau disingkat Tapak Suci, adalah sebuah aliran, perguruan, dan organisasi pencak silat yang merupakan anggota IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia). apak Suci berasas Islam, bersumber pada Al Qur'an dan As-Sunnah, berjiwa persaudaraan, berada di bawah naungan Persyarikatan Muhammadiyah sebagai organisasi otonom yang ke-11. Tapak Suci berdiri pada tanggal 10 Rabiul Awal 1383 H, atau bertepatan dengan tanggal 31 Juli 1963 di Kauman, Yogyakarta. Tapak Suci memiliki motto "Dengan Iman dan Akhlak saya menjadi kuat, tanpa Iman dan Akhlak saya menjadi lemah". Organisasi Tapak Suci berkiprah sebagai organisasi pencak silat, berinduk kepada Ikatan Pencak Silat Indonesia, dan dalam bidang dakwah pergerakan Tapak Suci merupakan pencetak kader dari Muhammadiyah.

Sejak bergabungnya SD Muhammadiyah Kramatsari ke persyarikatan Muhammadiyah pada 23 Mei 2013, maka Tapak Suci Putera Muhammadiyah adalah bagian dari ekstra kurikuler atau pengembangan diri yang tidak terpisahkan dari kurikulum SD Muhammadiyah Kramatsari.  

ekstrakurikuler Tapak Suci menjadi wadah bagi siswa dan siswi sebagai bentuk melestarikan bela diri asli Muhammadiyah. Selain itu, melalui Tapak Suci siswa-siswi mampu mengendalikan dan memiliki kontrol diri dari berbagai hal-hal yang merugikan.

Tujuan dari ekstrakurikuler Tapak Suci adalah sebagai berikut.

  1. Menumbuhkan sikap disiplin siswa
  2. Menciptakan kondisi bugar dan prima sehingga dapat berpikir secara optimal
  3. Menumbuhkan dan meningkatkan rasa percaya diri siswa
  4. Menumbuhkan sikap sportif dan saling menghargai
  5. Memperoleh prestasi
Kegiatan ekstrakurikuler tapak suci di SD Muhammadiyah dilaksanakan setiap minggu satu kali yaitu pada hari senin pada jam 15.30 - 17.00 WIB dengan koordinator adalah Guru PJOK. Sasaran dari kegiatan ekstrakurikuler ini adalah kelas II s.d. VI




Posting Komentar untuk "Pembibitan Kader melalui Ekstrakurikuler Tapak Suci di SD Muhammadiyah Kramatsari"