IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 KOTA PEKALONGAN

Sebagai kurikulum yang disempurnakan, Kurikulum 2013 niscaya belum dipahami oleh masyarakat luas, termasuk oleh guru sekolah dasar/sekolah menengah pertama/sekolah mnengah atas/sekolah menengah kejuruan (SD/SMP/SMA/SMK). Kurikulum tersebut juga belum dilengkapi dengan berbagai perangkat pendukung pembelajaran, seperti silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), bahan ajar, sistem penilaian dan sejenisnya. Hal demikian mengisyaratkan mengenai penting dan perlunya bimbingan teknis (bimtek) implementasi kurikulum 2013, khususnya untuk guru dan kepala sekolah SD/SMP/SMA/SMK di tanah air.

Kurikulum tahun 2013 adalah rancang bangun pembelajaran yang didesain untuk mengembangkan potensi peserta didik, bertujuan untuk mewujudkan generasi bangsa Indonesia yang bermartabat, beradab, berbudaya, berkarakter, beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, menjadi warga negara yang demokratis,dan bertanggung jawab yang mulai dioperasikan pada tahun pelajaran 2013/2014 secara bertahap.

Mata pelajaran SD dalam kurikulum SD tahun 2013 adalah mata pelajaran yang terakomodasi dalam Kurikulum SD Tahun 2013 yaitu mata pelajaran:(a) Pendidikan Agama; (b) Pendidikan Kewarganegaraan; (c) Bahasa Indonesia, (d) Matematika (e) Pendidikan Seni dan Budaya dan Prakarya; (f) Pendidikan Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan.

Pada tanggal 23 sampai dengan 27 Juni 2014, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Kota Pekalongan bersama LPMP dan BKD mengadakan workshop kurikulum 2013 yang diadakan di 2 tempat, yaitu SD Negeri Keputran 04 dan SD Negeri Panjang Wetan 01. Salah satu oleh-oleh dari workshop tersebut adalah sebagai berikut :
  1. Rasional dan elemen perubahan kurikulum 2013
  2. SKL, KI, KD dan Implementasi Kurikulum 2013
  3. Pendekatan pembelajaran tematik
  4. Analisis Buku Guru - Buku Siswa
  5. Penerapan pendidikan saintifik dalam tematik
  6. Percancangan penilaian autentik dalam tematik
  7. Pelaporan hasil penilaian
  8. AnalisisVideo Pembelajaran
  9. Penyusunan RPP
  10. Peer Teaching
Semua materi di atas dapat di download dengan klik tulisan di bawah ini :


Jangan lupa ya..beri komentar.

3 komentar untuk "IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 KOTA PEKALONGAN"

  1. wow informasinya sangat bermanfaat bagi saya gan

    https://obatradangrahimherbal.wordpress.com/index.php/obat-radang-rahim-herbal-www-obat-radang-ragim-herbal-wordpress-com/

    BalasHapus